Belajar Investasi? Ayo Mulai dari Saham Pgas Sebagai Ladang Potensial

  • Share
saham pgas

Pgas merupakan perusahaan gas negara yang tergolong kedalam perusahaan perseroan terbatas dibawah naungan negara. Sebelum menjadi perusahaan perseroan terbatas, pgas terlebih dahulu menjadi perusahaan umum dan perusahaan negara. Perubahan ini didasarkan pada peraturan pemerintah no 37 tahun 1994, menjadi PT perusahaan gas negara (Persero).

Perusahaan yang memiliki kantor pusat di Jl. K.H. Zainul Arifin No. 20, Jakarta ini, ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang. Awal mula berdirinya Pgas yaitu tahun 1859. Sebelumnya, perusahaan ini diberi nama Firma L. J. N. Eindhoven & Co. Gravenhage kemudian berubah menjadi NV. Netherland Indische Gaz Maatschappij (NV. NIGM) saat diambil alih Belanda (1950).

Perusahaan gas negara ini resmi menjadi hak milik Indonesia pada tahun 1958 dan diberi nama “Badan Pengambil Alih Perusahaan-Perusahaan Listrik dan Gas (BP3LG)”. Berikutnya, tahun 1961, perusahaan ini  beralih status menjadi BPU-PLN. Melihat perjalanannya yang sangat panjang tidak heran bila sekarang perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan negara terbaik.

Pgas ini bergerak di segala bidang yang berhubungan dengan gas bumi, mulai dari kegiatan pengolahan, penyaluran, sampai dengan penyimpanan. Kegiatan usaha yang paling utama dari Pgas ini yaitu lebih berfokus pada distribusi dan transmisi gas bumi. Baik ke pelanggan komersial, industri, maupun kelas rumah tangga.

Nah,  Masuk Dalam Topik Pembahasan Mengenai Saham

Berbicara mengenai saham, Anda pasti sudah tahu bahwa saham merupakan bukti kepemilikan suatu perusahaan. Saham juga bisa dikatakan sebagai bukti penyertaan modal seseorang. Saat ini, saham berperan sebagai salah satu alat investasi yang banyak digunakan para investor karena saham dinilai mampu memberikan keuntungan yang besar.

Baca Juga  Perkembangan Antam dan Prospek Investasi di Tahun 2022

Beberapa keuntungan yang  diperoleh investor yang memiliki saham yaitu,  deviden. Deviden merupakan istilah untuk bagi hasil atau bagi keuntungan antara perusahaan dengan pemilik saham.  Berikutnya ada capital gain, yaitu selisih antara harga jual dan harga beli saham. Dimana pemegang saham akan mendapatkan laba dari proses jual beli tersebut.

Kenapa Harus Saham Dalam Pgas?

Saham perusahaan gas negara ini mulai diperjualbelikan pada tahun 2003, tepatnya pada tanggal 5 Desember 2003. Saham-saham yang ditawarkan oleh perusahaan ini sebelumnya sudah dicatatkan dalam bursa efek Indonesia.  Mulai saat itulah,  banyak investor melirik perusahaan  gas ini.

Alasan yang bisa dijadikan  sebagai latar belakang Anda untuk memilih saham dalam perusahaan ini. Yaitu karena sistem kerjanya yang baik dengan pembukuan yang jelas. Keuangan perusahaan yang transparan dan memiliki pembagian yang jelas. Pembagian deviden yang  disertai dengan beberapa profit yang cukup menggiurkan.

Pgas sebagai perusahan BUMN memiliki kenaikan laba bersih yang cukup baik. Secara tidak langsung hal ini akan sangat mempengaruhi kondisi saham perusahaan. Kenaikan laba bersih ini bisa menjadi salah satu alasan investor untuk menanamkan modalnya. Selain kenaikan laba bersih yang cukup signifikan, Pgas juga kerap membagikan deviden kepada para investornya.

Kepemilikan Saham Pgas:

  • Negara Kesatuan Republik Indonesia atas kepemilikan 1 saham sesi A Dwiwarna (Dwiwarna yaitu saham yang memberikan hak istimewa kepada pemegangnya untuk menyetujui pengangkatan dan pemberhentian Komisaris atau direksi, perubahan anggaran dasar termasuk perubahan modal, pembubaran dan likuidasi, penggabungan, pemisahan, pengambilalihan perusahaan.)
  • PT Pertamina sebesar 56,96%
  • Umum sebesar 43,04%

Melihat harga minyak dan gas yang kian hari kian melambung,  disinyalir akan meningkatkan kinerja pgas. Melambung nya harga minyak dan gas ini menandakan adanya permintaan energi yang semakin tinggi. Secara tidak langsung hal ini akan meningkatkan pendapatan yang diperoleh pgas sebagai distributor utama gas bumi nasional.

Baca Juga  Harga Saham PGAS Hari ini

Didasarkan pada beberapa penilaian  para pengamat menyatakan bahwa volume distribusi gas oleh perusahaan gas nasional diperkirakan meningkat hingga 19% pada tahun ini. Dan diperkirakan akan terus mengalami peningkatan hingga beberapa tahun kedepan. Hal ini beriringan dengan permintaan yang terus meningkat seiring berkembangnya industri ekonomi.

Operasional perusahaan juga otomatis ikut meningkat diikuti dengan peningkatan pendapatan. Meskipun, tidak ada yang tahu pasti seperti apa kondisi kedepannya, akankah sumber daya minyak dan gas bumi akan terus digunakan sampai dengan puluhan tahun kedepan. Mengingat saat ini sedang gencar sosialisasi energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Dengan adanya beberapa peningkatan ini,  perusahaan berharap harga saham juga turut naik. Pgas menargetkan harga bergerak untuk saham pgas sebesar 1.500 dengan level tertinggi yang pernah dicapai sebesar 1.640. Sedangkan untuk support trendline kurang lebih berada pada angka 1.320.

Berdasarkan laporan keuangan pada kuartal III/2021, pgas membukukan pendapatan sebesar US$790 juta. Atau dengan kata lain naik 15,8% dari tahun sebelumnya, dan keuntungan bersih sebesar US$90 juta. Atau naik sebesar 92,8% dari tahun sebelumnya, meskipun masih terjadi penurunan 33,5% dari kuartal II/2021.

Peningkatan-peningkatan tersebut akan mendorong keuntungan bersih pgas  bisa semakin besar dari tahun ke tahun. Dan pemerintah akan sangat diuntungkan. Selain nilai saham pgas yang akan kembali meningkat, dengan keuntungan bersih yang besar, para pemegang saham baik pemerintah lewat Pertamina maupun publik bisa menarik dividen lebih besar pada tahun ini.

Namun, semua hal itu tidak menutup kemungkinan  untuk terjadi penurunan harga saham kedepannya. Entah karena faktor alam maupun faktor manusianya. Baik itu penurunan laba,  kelangkaan produk, menurunnya kinerja perusahaan,  dan lain sebagainya. Harga saham akan terus berubah seiring dengan operasional perusahaan.

Baca Juga  Harga Saham ARCI Hari ini

Semua hal pasti memiliki resikonya masing-masing, termasuk juga jual beli saham. Ketika Anda memutuskan untuk menanamkan modal pada suatu perusahaan, ini berarti Anda sudah siap menanggung resiko yang mungkin akan terjadi. Siap untuk menjalankan kuda di area pacu, menuntun agar kuda bisa berjalan dengan benar.

Sebelum memutuskan untuk benar-benar terjun ke dalam dunia investor, sangat penting untuk Anda mempelajari tips and trik dalam berinvestasi. Memahami seluk beluk perusahaan yang akan menjadi target ladang Anda. Memantau perkembangan harga dan pembukuan keuangan perusahaan tersebut secara berkala untuk melihat perkembangannya.

Dengan demikian,  diharapkan Anda tidak salah mengambil langkah dalam menentukan suatu keputusan. Berinvestasi bukalah hal yang mudah, tetapi juga tidak bisa dikatakan sebagai hal yang sulit. Semua bergantung kepada pribadi masing-masing, dan perlu di perhatikan bahwa pengalaman merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan disini.

So, Mau Lanjut Berinvestasi?

Jangan takut untuk mencoba, ayo berinvestasi. Belajar lebih banyak mengenai saham dan kawan-kawanya. Investasi merupakan salah satu hal yang sangat menguntungkan apabila diterapkan dengan baik sebagaimana mestinya. Jadi, jangan sampai salah langkah, mari belajar dan mencoba.

Nah,  sekian tadi sedikit penjelasan info mengenai saham pgas beserta seluk beluknya. Mulai dari sejarah awal berdirinya hingga pada target harga saham pgas. Semoga sedikit penjabaran tadi bisa bermanfaat,  dan dapat membantu Anda lebih memahami mengenai dunia investasi.

  • Share